Senin, 26 September 2016

Sekelumit Kisah Penerbit Buku Islam di Indonesia

penerbit buku | penerbit buku islam | penerbit buku di Indonesia


Penerbit Buku Islam di Indonesia berperan penting terhadap perkembangan pendidikan umat muslim di Indonesia, melalui pengadaan buku. Hanya saja, ada kriteria yang dipenuhi oleh penerbit buku agar dapat diklasifikasikan sebagai penerbit buku Islam.

Assalamualaikum, Wr.wb.
Penerbit buku Islam di Indonesia, secara jumlah berada peringkat nomor 2 setelah penerbit buku umum berdasarkan data dari IKAPI. Ada sekitar 1246 penerbit buku yang telah terdaftar sebagai anggota IKAPI. Dari jumlah itulah penerbit buku Islam di Indonesia juga lumayan mendominasi. Walaupun tidak semuanya adalah penerbit mayor, tetapi penerbit buku Islam minor pun memberi dampak pada perkembengan pendidikan di Indonesia.
Secara umum, penerbit adalah satu bagian yang sulit untuk dipisahkan dari seorang penulis. Meski memang, sekarang banyak penulis yang sudah tidak membutuhkan penerbit lain (dengan kata lain menjadi penulis indie). Banyak penulis yang mendirikan penerbitan sendiri untuk naskah-naskahnya sendiri. Bahkan, ada pula yang tidak menerbitkannya dalam bentuk cetak, melainkan hanya mempublikasikannya secara online lewat blog atau website pribadinya. Tetapi penerbit buku, bagaimanapun tetap merupakan satu hal yang sulit dipisahkan dari seorang penulis.
Kalau kita mau teliti, mungkin kita akan menemukan ratusan atau bahkan ribuan penerbit yang ada di Indonesia. Jakarta dan Yogyakarta adalah gudangnya penerbit buku. Dari mulai penerbit yang sudah mapan seperti penerbit Bentang, EL-KiS, Diva Press, Resist, Navila, dan lainnya, sampai penerbit yang kecil-kecil yang dulu sempat produktif, meski pada akhirnya kehilangan napasnya. Di antara ratusan atau bahkan ribuan penerbit di Indonesia, kita akan mendapati bahwa masing-masing penerbit punya ciri khas tersendiri kaitannya dengan buku-buku yang diterbitkan.
“Lalu, bagaimana dengan penerbit buku Islam di Indonesia?”.
Secara garis besar, penerbit buku Islam di Indonesia memang bejibun, karena pasarnya juga cukup mendukung. Ada yang memang konsen menerbitkan buku-buku bergenri Islam, ada pula yang sebatas untuk melayani keinginan pasar.
Dari sekian penerbit yang fokus menerbitkan buku-buku Islam pun punya corak dan ciri masing-masing. Sebab masing-masing penerbit punya visi dan misi penerbitan. EL-KiS misalnya, adalah penerbit yang akrab dengan dunia pesantren, dikelola oleh orang-orang yang kebanyakan punya Latar belakang pesantren, maka lahirlah buku-buku seputar pesantren, kiai, NU, dan buku-buku Islam sejenis. Di antara sekian banyak penerbit buku Islam, ada beberapa yang dianggap menyesatkan.
Salah satunnya adalah Mizan. Mizan, juga senang menerbitkan buku-buku Islam, meski khas buku terbitan Mizan berbeda dengan terbitan El-KiS. Mizan juga sedikit kontroversial karena di anggap menerbitkan buku-buku penulis syiah, dan itu pun dibalut sedemikian rupa agar tidak terkesan syiahnya.
Mungkin Anda pernah membaca dan memiliki buku-buku terbitan penerbit tersebut. Penerbit buku Islam di atas adalah penerbit-penerbit yang relatif kecil, meski beberapa mungkin sudah tumbuh menjadi penerbit besar, seperti Penerbit Pustaka Azzam.
Beberapa ulama juga menentang beberapa penerbit buku karena dianggap menyebar fitnah dan bid’ah. Terutama bid’ah, beberapa penerbit meragukan kredibilitas sebuah penerbit buku jika terdapat unsur yang diluar Al-qur’an dan Al-hadist. Memang, jika berbicara tentang tauhid tidak akan ada habisnya. Apalagi jikalau itu berkaitan dengan maslahat banyak orang.
Ituah tadi beberapa sekelumit sejarah dan kontroversi penerbit buku Islam yang ada di Indonesia. Jika Anda punya naskah buku Islam, Anda tinggal pilih penerbit yang sekiranya cocok untuk naskah Anda. Ketahui dulu ciri khas penerbit yang ingin Anda kirimi naskah. Kalau naskah Anda mati-matian mendukung NU, maka pasti akan ditolak jika dikirim ke Mizan, demikian pula sebaliknya.
Pada akhirnya, ketimbang pusing-pusing mikirin penerbit, was-was naskah Anda ditolak atau diterima, bisa dicoba juga menjalankan roda penerbitan sendiri. Atau, Anda juga dapat menerbitkan buku Anda di penerbit buku kredibel dengan sistem self-publishing. Dengan sistem tersebut, naskah Anda pasti akan terbit.
Semoga artikel ini bermanfaa! Tetap jaga ibadah Anda dan teruslah belajar agama kepada ulama yang sholih agar Anda tidak tersesat.
Wassalamualaikum, Wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar