Senin, 26 September 2016

Cara Mendesain Buku Sendiri Secara Mandiri

mendesain buku | cara mendesain buku | cara mendesain buku sendiri |  mendesain buku sendiri



Mendesain buku dapat dikerjakan oleh penulis buku itu sendiri, asalkan penulis dapat melakukan 2 hal yang sangat penting dalam mendesain buku. Apakah itu?
Penulis mendesain buku miliknya sendiri? Mungkin masih terdengar tidak biasa, akan tetapi penulis dapat melakukannya jika penulis ingin belajar lagi. Memang tidak paksaan untuk dapat bisa mendesain buku sendiri. Sebab, pasti si penulis sudah dipusingkan dahulu dengan konten yang ada dalam bukunya sendiri. Maka dari itu mendesain buku adalah aktifitas sekunder.
Meskipun begitu, terkadang penulis punya kekhawatiran sendiri jika desain bukunya tidak sesuai dengan keinginannya. Ibaratnya, sudah susah-susah menulis, eh. . ujung-ujungnya bukunya “terlahir cacat”. Maka dari itu tidak salahnya jika penulis juga belajar bagaimana mendesain buku yang baik dan benar.
Mendesain buku didasari dengan 2 keahlian penting.
Yang pertama adalah layouting. Layouting adalah aktifitas yang ditujukan untuk membenarkan paragraf, mengatur margin, spasi, tata letak, dan sebagainya. Gampangnya, kerja layouting ada di dalam strutur buku itu sendiri.
Yang kedua, adalah mendesain cover. Mendesain buku tentunya harus dibarengi dengan cover yang sesuai. Terkadang cover juga menentukan bagaimana buku tersebut bisa populer di kalangan pembaca atau tidak. Maka, pepatah do not judge the book by the cover memang benar, tapi tidak berlaku jika berbicara tentang realita pasar saat ini.
Mendesain buku diawali dengan layouting.
Untuk mengawali tutorial mendesain buku secara mandiri, berikut ini beberapa langkah-langkah mudah yang bisa Anda terapkan untuk mendesain buku Anda sendiri.

1.       Rapikan paragraf sesuai dengan
2.       Silahkan buka file buku yang akan di print seperti buku.
3.       Klik Page layout > margins > costume margins…
4.       Pada tab margins isi kolom multiple page dengan book fold. Sedangkan pada tab paper silahkan pilih ukuran kertas yang akan digunakan. Biasanya menggunakan ukuran kertas A4. Lalu klik Ok.
5.       Tahap selanjutnya, sobat tinggal klik Ctrl+P untuk mulai mengeprint seperti biasa. Dan lihat hasilnya,secara otomatis halaman akan menyesuaikan seperti susunan buku.

Lanjut mendesain buku dengan membuat pola cover buku
Buku adalah sebuah bentuk bangun ruang yang memiliki 3 dimensi dengan ukuran panjang x lebar x tinggi. Sedangkan cover buku adalah penutup sebuah buku, biasanya terbuat dari sesuatu yang lebih keras dari isi buku itu sendiri.
Jadi sebelum membuat cover buku kita terlebih dahulu harus mengetahui panjang, lebar dan tinggi suatu buku.

Pada praktek tutoririal membuat cover dengna photoshop kali ini saya akan membuat sebuah buku dengan ukuran A5 ( 21cmx14.8cm) dan tebal (tinggi) 1 cm. ukuran buku standar. Jadi saya membutuhkan kertas untuk cover buku ukuran A4 (A5 cover depan + A5 cover belakang) + 1 cm untuk ketebalan bukunya. Jika ukuran buku sudah sobat ukur, sekarang kita akan memulai membuat cover buku dengan photoshop.


1. Buka photoshop sobat dan klik Ctrl+N untuk membuat document baru.
Name            : isi dengan cover buku untuk mempermudah
Width            : isi 29.7 cm ukuran lebar cover buku depan+belakang
Height           : isi 21 cm ukuran tinggi cover buku
Resolution    : isi dengan 300 pixels/inch supaya hasil cover buku tidak pudar atau buram
Color mode  : isi dengan CMYK color karena kebanyakan mesin printer menggunakan color mode CMYK. Setelah semuanya diatus seperti di atas klik OK. *catatan ukuran ini unutk membuat cover buku ukuran A5, sehingga lebar keseluruhan cover depan dan belakang menjadi A4. Jika sobat mau membuat cover buku dengan ukuran yang berbeda, silahkan disesuaikan saja ya. J

2. Buat lagi document baru (Ctrl+N) untuk membuat tebal cover buku. Disini saya akan membuat cover buku dengan tebal buku 1Cm, sehingga pengaturannya seperti berikut ini.
Name            : isi dengan cover buku untuk mempermudah
Width            : isi 1 cm ukuran tebal cover buku
Height           : isi 21 cm ukuran tinggi cover buku
Resolution    : isi dengan 300 pixels/inch
Color mode  : isi dengan CMYK color
3. Masih di document tebal cover buku. Klik Ctrl+A untuk menyeleksi seluruh document tebal cover buku. Kemudian klik Ctrl+C untuk mengCopy document tersebut.
4. Pindah ke document cover buku, kemudian klik Ctrl+V untuk menempel (paste) document tebal cover buku tadi.
Karena warna background (cover buku) dan layer 1 (tebal cover buku) sama-sama putih, jadi gambar tebal cover buku tidak terlihat.
5. Supaya gambar tebal cover buku terlihat, silahkan tambahkan effect Stroke. Caranya doble klik layer 1 (tebal cover buku) kemudian ceklis stroke.
6.      Buatlah kotak besar dengan menggunakan rectangular tool (U) kemudian kasih effect stroke seperti gambar tebal cover buku diatas. Lalu rubah fillnya menjadi 0%.
Kotak besar ini berfungsi untuk membuat batas sisir buku (batas untuk memotong/merapihkan)
Tahap akhir mendesain buku dengan menentukan cover
1. Silahkan sobat masukan sebuah gambar cover buku yang sobat inginkan. Posisinya harus berada di bawah layer 1 (tebal cover buku) dan shape 1 (batas sisir buku). Lihat contoh dibawah ini.
2. Pada cover buku bagian depan isi dengan judul buku, keterangan, penerbit dan penulis. Contohnya sebagai berikut ini. 
Judul buku   : Ruang Waktu Antara Kita
Keterangan  : -
Penerbit       : The Terbit
Penulis         : Andi Budi
3. Pada bagian tebal buku isi dengan penulis dan judul buku. Untuk memutar tulisan menjadi 900  atau miring silahkan klik menu edit > transform > rotate 900 CW. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
4. Pada cover buku baigan belakang isi dengan deskripsi buku, penerbit termasuk logo dan alamat lengkapnya dan no ISBN
5. Cek kembali tulisan dan desainnya. Jika semuanya sudah yakin tidak ada lagi yang keliru. Silahkan di Flatten (digabungkan) dengan cara klik kanan salah satu layer > Flatten image sehingga seluruh layer akan menjadi satu.
6. Klik Shift+Ctrl+S kemudian pilih format PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar